Welcome to my blog guys..

Rebus atau Kukus, Mana Cara Memasak yang Lebih Sehat?

Merebus dan mengukus merupakan teknik  mengolah makanan yang diandalkan   sangat sehat. Tapi, salah satu  kedua teknik  tersebut, manakah yang lebih sehat?

Merebus ialah  cara memasak dengan memanaskan air atau kaldu sampai  mendidih, lantas  memasukkan makanan ke dalam air tersebut sampai  matang. Sedangkan mengukus ialah  proses mematangkan makanan dengan memakai  uap panas yang berasal dari air mendidih. Caranya ialah  dengan memanaskan air di dalam panci bersekat, lalu membubuhkan  makanan di atas sekat itu sampai  matang.


Jadi, Rebus atau Kukus?
Perlu anda  ketahui bahwa di samping  jenis makanan sendiri, teknik  memasak atau mengubah  makanan pun  sangat menilai  kandungan nutrisi di dalamnya. Jika teknik  memasaknya salah, makanan sehat pun dapat  saja pulang  menjadi  sumber penyakit, lho.

Merebus dan mengukus memang telah  dikenal sebagai teknik  memasak makanan yang sangat  sehat. Kedua teknik  memasak ini dapat  menjaga kadar kalori dalam makanan sebab  tidak memerlukan  tambahan minyak atau mentega. Lalu, salah satu  keduanya, mana ya cara  memasak yang lebih sehat?

Baik rebus dan kukus, sama sehatnya, kok. Namun, sejumlah  jenis makanan memang lebih baik andai  dimasak dengan teknik  dikukus. Contohnya ialah  sayuran.

Untuk memasak sayuran, cara  rebus bukanlah teknik  terbaik. Hal ini sebab  nutrisi di dalamnya, laksana  vitamin B dan C, bisa  ikut larut ke dalam air yang mendidih. Jadi, supaya  kamu tetap dapat  memperoleh nutrisi dalam sayuran secara optimal, masaklah dengan teknik  kukus.

Meski begitu, tetap pastikan masa-masa  mengukusnya tidak terlampau  lama ya, sebab  memasak sayur terlampau  lama dapat  menghilangkan nutrisi yang terdapat  di dalamnya, serta mengolah  warna dan rasa sayur.

Tips Memasak Sehat dan Aman
Agar seluruh  makanan yang anda  masak tetap bernutrisi, yuk, ikuti tips memasak di bawah ini:

Pastikan makanan yang akan anda  olah bergizi dan segar. Di samping  itu, pastikan pun  alat-alat masak dan dapurmu bersih supaya  makanan tidak terkontaminasi bakteri.
Jangan tak sempat  untuk membasuh  semua bahan makanan sebelum dimasak.
Bila hendak  menggunakan minyak atau mentega, gunakanlah secukupnya. Sebaiknya pilih minyak yang sehat, laksana  kanola atau zaitun.
Batasi jumlah garam yang anda  tambahkan ke dalam masakan. Terlalu tidak sedikit  mengonsumsi garam dapat  membuatmu berisiko terpapar  hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.
Bila mengharapkan  cita rasa yang powerful  pada masakanmu, kamu dapat  menambahkan pelbagai  rempah dan bumbu dapur.
Walaupun rebus dan kukus baik guna  kesehatan, kedua kiat  memasak ini pun  mempunyai  kekurangan, yaitu menciptakan  makanan terasa hambar. Sesekali, tidak apa-apa kok memasak dengan cara  lain. Namun, pastikan jenis makanannya sehat, ya!

0 Comments