ASI Seret? Coba Makan Makanan Ini

Setelah melahirkan, tidak seluruh  ibu menyusui dapat  menghasilkan ASI yang melimpah. Bahkan, tidak sedikit  pula yang mengeluh bahwa ASI yang terbit  sangatlah sedikit. Nah, bila   ASI Busui seret, makanan-makanan inilah  ini  dipercaya dapat  meningkatkan buatan  ASI, lho.

Busui tentu  sudah tahu ya bahwa ASI ialah  asupan yang paling  baik guna  bayi. Di samping  berisi  pelbagai  nutrisi yang diperlukan  bayi, ASI pun  berisi  antibodi yang dapat mengayomi  bayi dari serangan pelbagai  virus dan bakteri.


Kumpulan  Makanan yang dapat  Meningkatkan Produksi ASI
Jumlah ASI tidak sama masing-masing  harinya, terkadang dapat  sangat banyak, kadang juga dapat  menjadi seret. ASI sedikit dapat  disebabkan oleh tidak sedikit  hal, mulai dari bayi belum mahir menyusu, ibu tidak menyusui sesering mungkin, payudara tidak benar-benar kosong sesudah  menyusui, atau pemakaian  obat-obatan yang dapat  memengaruhi buatan  ASI.

Agar buatan  ASI meningkat, Busui disarankan  untuk mengonsumsi makanan penambah ASI, di antaranya:

1. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau, laksana  selada, kangkung, brokoli, dan bayam, berisi  kalsium dan fitoestrogen yang diandalkan   dapat menambah  produksi ASI. Busui dapat  mengolahnya menjadi tumisan atau sayur berkuah.

2. Kacang almond
Busui hendak  ngemil makanan sehat yang sekaligus dapat  memperbanyak jumlah ASI? Coba deh, santap  kacang almond sebagai camilan. Kacang ini berisi  protein dan kalsium yang dapat  membuat ASI jadi membludak  dan lebih kental. Di samping  dalam format  kacang utuh sebagai camilan, sekarang  sudah tidak sedikit  dijual susu almond khusus guna  ibu menyusui, lho.

3. Oats dan gandum utuh
Oats kaya bakal  kandungan zat besi yang dapat  membuat ASI Busui melimpah. Di samping  oats, gandum utuh pun  sangat bergizi untuk  ibu menyusui. Makanan jenis ini dipercaya dapat  mendukung kinerja hormon yang bertanggung jawab dalam buatan  ASI, sampai-sampai  ASI yang didapatkan  akan lebih banyak.

4. Fenugreek
Tanaman herbal ini dapat  Busui jumpai dalam sekian banyak   suplemen atau minuman guna  ibu menyusui. Fenugreek memicu  kelenjar susu supaya  memproduksi ASI lebih banyak. Biasanya, jumlah ASI bakal  meningkat dalam 24-72 jam sesudah  Busui mengonsumsi fenugreek.

5. Bawang putih
Di samping  bergizi, bawang putih pun  dipercaya dapat  membuat buatan  ASI makin  melimpah. Walaupun memiliki wewangian  yang menyengat, namun  Bumil tidak butuh  khawatir, sebab  sebagian bayi malah  menyukainya, lho. Sebuah riset  bahkan mengungkapkan bahwa ASI yang beraroma bawang putih dapat  membuat bayi menyusu lebih lama.

Di samping  mengonsumsi makanan-makanan di atas untuk menanggulangi  ASI seret, Busui pun  perlu tidak sedikit  berisitirahat dan tidak boleh  terlalu stres. Mintalah pertolongan  suami atau family  bila Busui merasa keletihan  selama mengasuh  Si Kecil. Jika buatan  ASI masih pun  bermasalah, usahakanlah  berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi.

Comments