Bintitan di Kelopak Mata, Cari Tahu Pengobatannya di Sini

Kelopak mata dapat merasakan  peradangan dan infeksi yang mengakibatkan  pembengkakan atau bintitan. Ketika merasakan  bintitan di kelopak mata, Anda pasti  akan merasa terganggu, baik dari sisi  penampilan maupun kenyamanan.

Kelopak mata insan  mempunyai  kelenjar minyak yang terletak di unsur  dalam dan luar kelopak mata. Kelenjar minyak unsur  luar bersangkutan   dengan bulu mata yang menempel pada kelopak mata. Minyak yang didapatkan  oleh kelenjar-kelenjar ini menolong  melembapkan mata dan mengawal  air mata guna  tetap dalam distrik  bola mata.



Namun, kelenjar minyak di mata dapat merasakan  infeksi dan tersumbat. Kondisi ini mengakibatkan  peradangan pada mata. Peradangan itu  dapat terjadi di unsur  dalam atau unsur  luar, tergantung kelenjar minyak yang bermasalah.

Penyebab Kemunculan Bintitan di Kelopak Mata
Bintitan umumnya diakibatkan  oleh gangguan pada drainase  kelenjar minyak dan infeksi bakteri. Orang yang menderita kencing manis, radang kelopak mata, atau kelainan pada kelenjar minyak lebih rentan merasakan  bintitan. Kadar lemak berlebih di dalam darah pun  dapat menambah  risiko penyumbatan drainase  kelenjar minyak di kelopak mata.

Bintitan bisa  berkembang menjadi kalazion bilamana  tidak diobati dengan benar. Kalazion ialah  pembengkakan pada kelopak mata tanpa disertai rasa nyeri atau kemerahan. Kalazion bisa  mengganggu penampilan, memunculkan  luka parut pada kelopak mata, hingga  mengiritasi kornea.

Di samping  kalazion, akibat  lain yang dapat hadir  pada bintitan yang tidak diobati dengan benar ialah  meluasnya infeksi ke jaringan kulit di dekat  mata.

Cara Mengobati Bintitan di Kelopak Mata
Dokter bisa  menilai  diagnosis bintitan di kelopak mata dari gejalanya dan hasil pengecekan  fisik, terutama  pada kelopak mata unsur  luar dan dalam untuk memahami  secara tentu  letak infeksi.

Bintitan ditandai dengan kelopak mata yang bengkak, merah, dan nyeri. Pada kelopak mata yang bengkak, bisa  terlihat nanah yang terjebak laksana  jerawat. Bintitan dapat  diawali dengan pembengkakan dan kemerahan di semua  area kelopak mata, yang lantas  menjadi terlokalisir (mengumpul di satu area).

Bintitan di kelopak mata bisa  sembuh sendiri dalam masa-masa  1-2 minggu dengan penyembuhan  secara mandiri. Caranya ialah  mengompres kelopak mata dengan handuk hangat sekitar  10 menit, sejumlah  3-4 kali sehari. Cara ini dilaksanakan  untuk meredakan fenomena  dan mempercepat proses penyembuhan. Namun bila   keluhan tidak membaik, kita  dapat mendatangi  dokter mata. Dokter dapat menyerahkan  pengobatan antara beda  dengan:

Pemberian obat antibiotik
Dokter dapat menyerahkan  obat antibiotik dalam format  salep mata. Antibiotik bertujuan guna  membunuh bakteri yang berkembang pada infeksi sampai-sampai  mempercepat proses penyembuhan. Antibiotik yang diminum pun  dapat diberikan bilamana  infeksi tidak jarang  kambuh atau meluas.

Cabut bulu mata
Untuk menanggulangi  penyumbatan pada kelenjar minyak unsur  luar, dokter dapat menarik keluar  bulu mata di dekat  tempat peradangan. Tindakan ini bertujuan untuk menciptakan  nanah yang terjebak dalam lokasi  peradangan bisa  mengalir keluar.

Operasi
Operasi dengan bius lokal bisa  dilakukan bilamana  ukuran bintitan lumayan  besar atau tidak merespons pengobatan. Operasi pun  dapat dilakukan bilamana  sudah terbentuk kalazion.

Untuk menangkal  bintitan di kelopak mata, Anda disarankan  untuk tidak jarang  kali  menjaga kesucian  area mata. Jika lokasi  mata tampak  kotor, usahakan  bersihkan dengan kasa steril yang sudah diairi  cairan natrium klorida, atau dengan air hangat dan sabun yang tidak mengakibatkan  iritasi, contohnya  sabun bayi.

Jangan sembarangan menyentuh lokasi  mata dengan tangan yang kotor. Mencuci tangan setiap berlalu  beraktivitas dapat menangkal  terjadinya penyebaran infeksi. Untuk  wanita, urgen  untuk mencuci  make-up atau riasan mata sebelum tidur, supaya  terhindar dari bintitan di kelopak mata. Di samping  itu, Anda pun  usahakan  mengawal  pola santap  dengan meminimalisir  makanan berlemak serta menggandakan  sayur dan buah.

Comments