Welcome to my blog guys..

Beragam Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

Karir dan pekerjaan ialah  bagian urgen  dalam hidup, namun pun  sering kali menjadi sumber stres. Memahami teknik  menghilangkan stres di lokasi  kerja dapat  membantu kita  lebih tenang dan bahagia ketika  bekerja, sekaligus mendorong produktivitas kerja Anda.



Stres ialah  reaksi psikologis yang muncul sebab  adanya tekanan, ancaman, atau evolusi  terhadap sebuah  hal. Stres dapat mengakibatkan  keluhan secara fisik, laksana  jantung berdebar, susah  konsentrasi, gampang  marah, sakit kepala, keringat berlebihan, siklus haid terganggu, atau bahkan sariawan dan gatal-gatal.

Gejala stres pada tiap orang dapat  berbeda. Bisa enteng  dan nyaris  tidak kentara, dapat  juga berat dan mengakibatkan  perubahan perilaku. Bila tidak segera dikenali dan ditangani dengan tepat, stres bisa  berkembang menjadi gangguan mental yang lebih serius.

Hal-Hal yang Bisa Menyebabkan Stres di Tempat Kerja
Sebelum bicara lebih jauh mengenai teknik  menghilangkan stres di lokasi  kerja, terdapat  baiknya kita  mengenali penyebab stres terlebih dahulu. Hal ini sebab  menjauhkan atau mengendalikan hal-hal yang dapat  menyebabkan stres bisa  sangat menolong  Anda terhindar dari stres.

Penyebab stres di lokasi  kerja yang umum terjadi merupakan :

Jam kerja yang panjang
Tugas kantor yang terlalu tidak sedikit  atau berat
Perubahan struktur organisasi
Tenggat masa-masa  pengerjaan tugas yang pendek
Lingkungan kerja yang tidak nyaman
Pekerjaan yang monoton dan membosankan
Kurangnya keterampilan  diri dalam bidang kegiatan  yang dijalani
Hubungan sosial yang tidak cukup  baik dengan teman  kerja maupun atasan
Perlengkapan kerja yang minim
Gaji yang rendah dan masalah keuangan
Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Pada dasarnya, sumber stres terbagi menjadi dua, yakni  masalah yang bisa  dikendalikan dan masalah yang tidak bisa  dikendalikan. Berikut ialah  cara menghilangkan stres di lokasi  kerja yang menurut  jenis masalahnya:

Fokus pada solusi  masalah
Strategi ini digunakan bilamana  masalah yang dihadapi masih bisa  dikendalikan, laksana  deadline menumpuk, presentasi di depan pimpinan, selisih pendapat dengan teman  kerja, produktivitas kerja yang rendah, atau masalah sejenisnya. Bagi  mengatasinya, Anda bisa  melakukan sejumlah  hal di bawah ini:

Komunikasikan masalah yang kita  hadapi dengan pihak yang terkait atau berwenang, contohnya  pimpinan, teman  kerja, atau HRD.
Terlalu perfeksionis akan meningkatkan  kadar stres Anda. Jadi, usahakan untuk memutuskan  standar yang realistis dalam pekerjaan.
Meski seluruh  tugas terasa penting, tetap urutkan cocok  prioritas untuk menolong  pengaturan masa-masa  dan menciptakan  Anda lebih fokus.
Boleh saja merasa jengkel atau marah pada keadaan, namun  segeralah kembalikan konsentrasi  pikiran kita  untuk membetulkan  keadaan.
Carilah pilihan  pemecahan masalah yang relevan dan dengan risiko yang sangat  kecil.
Fokus pada diri sendiri
Strategi ini digunakan bilamana  masalah yang dihadapi sedang di  luar kendali Anda, contohnya  komentar pedas dari atasan, pendapat teman  kerja mengenai  Anda, jam kerja yang padat, dan hal-hal yang tidak bisa  Anda ubah. Bagi  mengatasinya, lakukan sejumlah  hal berikut:

Sempatkan waktu guna  beristirahat, contohnya  dengan berlangsung  ke ruangan lain, membual  dengan rekan  kerja, atau mengerjakan  relaksasi di sela-sela pekerjaan.
Lakukan kegemaran  atau nikmati quality time bareng  keluarga atau teman-teman dekat di akhir pekan.
Ceritakan masalah yang sedang kita  hadapi untuk  pasangan atau kawan  yang bisa  Anda percaya. Dengan begitu, beban Anda bakal  terasa berkurang.
Jika kita  masih merasa stres walau  sudah menerapkan sekian banyak   cara di atas guna  menghilangkan stres di lokasi  kerja, usahakanlah  berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. kita  akan ditolong  untuk mengelola stres dan menanggulangi  masalah di lingkungan kegiatan  dengan teknik  yang lebih positif.
1 Comments